Selasa, 30 Agustus 2016

Indonesia Mengakuisisi CIWS Buatan China Untuk Korvet Kelas Kapitan Pattimura

24 Agustus 2016

Sebuah korvet kelas Kapitan Pattimura TNI-AL serupa dengan KRI Silas Papare yang akan menerima Type 730 CIWS pada tahun 2017. Sumber: IHS / Ridzwan Rahmat

Poin kunci
- Indonesia telah memilih sistem senjata jarak dekat Type 730 untuk korvet kedua kelas Kapitan Pattimura
- Seleksi ini sejalan dengan penerapan yang lebih luas dari sistem senjata buatan Cina dalam Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

The Indonesian Navy (Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut, atau TNI-AL) telah menandatangani kontrak untuk Jenis tunggal sistem senjata jarak dekat Type 730 (closed in weapon system, CIWS) dari China North Industries (NORINCO), demikian sumber di markas TNI-AL di Cilangkap , Jakarta, setelah dikonfirmasi oleh IHS Jane pada tanggal 23 Agustus.

Sistem ini akan dipasang pada korvet kelas Kapitan Pattimura (Parchim I), KRI Silas Papare (386), dan mengganti senjata 30 mm pada kapal teresbut yang terletak di bagian depan.

Setelah instalasi sukses, Silas Papare akan menjadi kapal kedua di kelas ini yang mengoperasikan CIWS hasil pengembangan oleh Cina. Kapal sejenis, yaitu KRI Sultan Thaha Syaifuddin (376) telah sukses melakukan uji penembakan sistem dengan peluru hidup terhadap sasaran berupa target tembakan laut yang radar-reflektif dan target udara yang ditambatkan pada Agustus 2015.

Type 730 CIWS adalah sistem senjata tujuh laras Gatling gun yang dipandu radar dengan kemampuan defensif terhadap serangan amunisi presisi berpandu serta pesawat. Jenis senjata ini terpasang pada sejumlah kapal Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Laut (PLAN) seperti Type 051C Luzhou kelas dan Jenis kapal perusak I-kelas 052B Luyang.

Type 730 CIWS juga telah dipilih untuk TNI-AL dua dari tiga kapal cepat rudal KCR-60M.

BUMN pembuat kapal PT PAL Indonesia akan bekerja dengan NORINCO di Surabaya untuk menginstal sistem di onboard Silas Papare pada 2017.

Sumber: IHS Jane's


TOKO FARSA DI TOKOPEDIA
 
TOKO FARSA DI BUKALAPAK




Sebuah TNI-AL Kapitan Pattimura-kelas korvet mirip dengan KRI Silas Papare yang akan menerima Type 730 CIWS pada tahun 2017. Sumber: IHS / Ridzwan Rahm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar